Allah SWT Sang Maha Guru

Berbagai peristiwa yang kita alami sejatinya adalah cara Allah SWT mengajarkan kita. Setiap guru punya kebebasan memilih metode apa untuk setiap anak muridnya, begitu juga Allah SWT. Karenanya tak pernah ada cara ajar yang sama untuk setiap murid karena setiap murid punya karakter & sifat yang berbeda. Guru juga punya kebebasan menentukan kapan ujian dilaksanakan.

Hidup di dunia memang hanya sebentar, tapi di dunia ini kita ditempa ujian kehidupan yang sesungguhnya. Allah Maha Pengasih & Penyayang, tak pernah ia memberikan ujian tanpa jawaban. Kunci jawaban selalu diberikan tapi manusia yang harus jeli mengetahui jawabannya. Namanya juga belajar, tidak mungkin sama tingkat kesulitannya. Makin dewasa, makin mengerti, tentu makin tinggi kesulitannya. Diberikan harta lebih banyak, ilmu lebih banyak, kedudukan lebih tinggi, atau amanah lebih banyak tentu ujiannya tidak sama seperti sebelumnya.

Menjadi single tentu ujiannya tidak sama dengan yang sudah berpasangan. Yang sudah berpasangan tentu tidak sama dengan yang sudah memiliki anak. Bukan berarti yang lebih dulu menjadi lebih mulia. Karena Allah tak melihat itu. Ia tahu saat tepat untuk setiap murid untuk ditambah amanahnya, atau terus diuji dengan dia yang sekarang. Bisa jadi sang murid masih kurang bersyukur, kurang ikhlas atau kurang prasangka baiknya kepada Allah SWT. Bisa jadi yang lebih dulu menikah memang sudah lulus masa menjadi single sehingga tiba saatnya melanjutkan ujian menjadi istri. Atau yang sedang diberi sakit. Tak pernah Allah salah memberikan takdir-Nya. Allah SWT adalah Sang Maha Guru. Ia letakkan banyak kisi-kisi pembelajaran di tiap fase kehidupan, di tiap tingkatan ujian & di tiap peristiwa, baik yang dialami si murid sendiri atau dialami orang lain.

Next, apa yang harus murid lakukan adalah terus mengimani-Nya. Terus berprasangka baik, terus berusaha memaksimalkan segala hal. Jangan lengah, kesempatan menjawab segala ujian selalu datang tak kenal waktu. Kita harus siap sedia melewati ujian kehidupan yang tak pernah habis ini. Mungkin sedikit tips dari saya : awali setiap pagi dengan doa di gambar atas. Karena menjadi orang berilmu sudah tentu akan menjadi lebih mudah menjawab ujian dari-Nya. Jadilah murid teladan yang tak pernah mengeluh tapi terus tertantang untuk melewati ujian dengan performa terbaik, semoga kita semua menjadi murid pilihan-Nya yang diberikan rahmat & karunia terbaik-Nya.

Selamat menimba ilmu kehidupan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s